[Drabble] Jack and the Beanstalk

Title: Jack and the Beanstalk
Genre: comedy? friendship? gosh i don’t knooooooooooooooooooow.
Rating: G
Character: Park Chanyeol, Do Kyungsoo (EXO)
Length: 709 words
inspired by what happened in front of Grha Sabha Pramana UGM before the morning session of TOEFL test some weeks ago. i don’t even know why i wrote this and had the decency to post it here.

Selembar kertas ukuran A1 terpampang di papan pengumuman, direkatkan oleh paku payung di keempat sudutnya. Di sekeliling papan telah menyemut puluhan, ratusan orang berseragam –oh, mereka siswa sekolah ini, tentu saja. Siapapun yang punya ide menempelkan daftar nama ratusan orang di satu papan sepertinya perlu diberi sedikit pukulan di kepala. Juga orang yang menggagas urutan nama berdasarkan peringkat–pertama, itu sangat tidak praktis, kedua, sangat tidak dibutuhkan. Tidak ada yang bangga oleh peringkat apapun yang mereka peroleh jika harus dipajang dalam daftar yang bisa dilihat seantero sekolah dengan mudah. Siapa, sih, yang bangga dengan peringkat rendah dan nilai buruk? Apa yang bisa dibanggakan dari nomor-nomor pertengahan? Dan bukankah para ningrat di posisi atas biasanya menjadi sasaran bully dua kelompok di bawahnya? Yah, Chanyeol juga tak paham apa gerangan isi benak para perintis sistem kolot ini. Dipajang begitu saja sebagai motivasi, katanya. Yang ada juga hanya mempermalukan diri sendiri. Sulit memotivasi anak-anak sekolah berkepala batu bila kau hanya bermodalkan tinta, kertas, dan angka-angka.

“Siapa peraih ranking satu paralel tahun ini? Do Kyungsoo lagi?”

“Bukan, sepertinya Kim Junmyeon. Ah, apa peduliku? Lebih baik aku menangisi nilai-nilaiku sendiri daripada mengurusi ranking orang lain.”

“Lihat! Nilai matematika Kyungsoo nyaris sempurna!”

Chanyeol sering mendengar soal Kyungsoo dari teman-temannya. Juga sering membaca nama itu terpampang di papan pengumuman di peringkat teratas. Kalau bertemu, baru belum pernah. Kadang Chanyeol memikirkan betapa beruntungnya menjadi anak pintar nan ekstra-cerdas semacam itu karena tak perlu repot-repot banting tulang belajar hingga tengah malam sebelum ujian, atau tak bingung mencari nama di tengah lautan abjad-abjad yang dicetak dengan ukuran huruf kecil, pasti letak namanya berkisar di bagian pojok kiri atas papan pengumuman saja. Berbeda dengan Chanyeol yang kadang harus menelusuri lima belas kolom sebelum menemukan namanya, lalu mendengus pelan karena peringkatnya tak kunjung membaik sekaligus merasa ironis akibat ia hampir selalu menemukan namanya di barisan bawah, kontras dengan tinggi badannya yang menjulang di atas puncak kepala sebagian besar orang. Kalau begini, apa gunanya punya badan tinggi bila tidak bisa dipakai untuk melihat ranking di baris dan kolom pertama daftar?

“U, um… bi-bisakah kau menolongku?”

Chanyeol menoleh. Didapatinya seorang laki-laki kecil–baginya–, dengan mata bulat besar dan wajah merona, entah karena ia tak biasa bicara dengan orang lain atau karena ia baru saja ikut berdesak-desakan. Ia menatap Chanyeol ragu, “Ng… a, aku tidak bisa melihat namaku… bisa tolong lihat berapa peringkatku?”

“Oh. Oke,” Chanyeol berbalik ke arah papan, dengan mudah membaca nama-nama yang terpampang–tunggu. “Siapa–”

“Kyungsoo, Do Kyungsoo.” jawab anak itu cepat. Mata Chanyeol melebar tanpa bisa dicegah, “Kau Kyungsoo?”

Anak itu–Kyungsoo mengangguk, wajah kentara menampakkan ekspresi tak paham mengapa Chanyeol perlu terlihat sekaget itu hanya karena ia menyebutkan namanya. “Uh, seingatku itu nama yang diberikan orangtuaku…?”

Laki-laki tinggi besar itu kembali menghadap daftar tanpa membalas kalimat Kyungsoo, dengan cepat mencari nama Kyungsoo di tengah rangkaian alfabet lainnya–tugas yang selesai dengan sangat cepat karena ia sudah terbiasa dan peringkat Kyungsoo (tentu saja) tak jauh dari Kim Junmyeon atau siapalah itu yang menyabet ranking pertama. “Kau ada di peringkat sembilan. Ng… selamat?”

“…oh. Eh, terima kasih–” sepasang mata bulat itu memandang Chanyeol bingung, tersadar bahwa ia meminta tolong pada orang yang tidak ia kenal. “Terima kasih–”

“Park Chanyeol. Chanyeol.” si laki-laki tiang mengulurkan tangan yang ragu-ragu dijabat oleh Kyungsoo. “Jadi… senang berkenalan denganmu?”

Perlahan Kyungsoo tersenyum lebar. Chanyeol membalasnya sama lebar hingga matanya menyipit sebelah.

—–

“Ah, aku baru sadar.”

“Apa?”

“Tubuh dan otak kita tertukar.”

“Maksudmu?”

“Kau pendek–“

“Aku tidak pendek!”

Chanyeol memutar bola matanya, menatap Kyungsoo dan puncak kepalanya yang hanya mencapai dagu Chanyeol, “Seperti yang kukatakan, pendek.”

Kyungsoo mengerucutkan bibir. Chanyeol kembali bicara,

“Kau pendek, tapi kenapa peringkatmu selalu bagus? Namamu selalu berada di atas. Kau kesulitan melihatnya karena harus berjinjit-jinjit atau meminta bantuan orang lain. Sedangkan aku tinggi, terlalu tinggi malah, tapi peringkatku selalu jelek. Aku juga kesulitan mencari namaku karena kadang aku harus berjongkok dan orang lain akan mengomeliku karena kakiku memakan banyak tempat.”

Tawa Kyungsoo tiba-tiba terdengar, “Kalau begitu, aku akan membantu mencari namamu mulai saat ini, dan kau bisa mencari namaku. Bagaimana?”

“Ya Tuhan,” Chanyeol mengusap wajahnya dengan telapak tangan, “Biasanya di adegan seperti ini si-lebih-pintar akan mengajari si-lebih-bodoh agar peringkatnya bisa naik dan kau hanya menawarkan jasa mencarikan nama?”

Cengiran jahil kembali bermain-main di bibir Kyungsoo. Salahkan Chanyeol yang menularinya sejak mereka mulai berteman.

Uh, benar begitu, bukan?

end.

Advertisements

14 thoughts on “[Drabble] Jack and the Beanstalk”

  1. first, you got me at the title. kukira bakal jadi cerita dongeng-dongeng gitu, dan dengan nama chanyeol sama kyungsoo, oke ini kyungsoo bakal jadi jack, terus chanyeol jadi raksasanya. eh taunya salah. hahaha.
    i loooveee their friendship yaampun. gatau kenapa tapi disini kyungsoo-nya adorable bangeeeet x’) pake muka polos gitu kalo dia bersedia bantuin chanyeol nyariin namanya haha. kenapa kamu ga ajarin chanyeol aja biar peringkatnya naik baaang xD

    “Uh, seingatku itu nama yang diberikan orangtuaku…?” <– laughing so hard here. iya kyungsoo ini kenapa bisa banget polos begini haaah xD demi apapun, sini aku karungin terus bawa pulang hahahah…
    keep writing aufaaa ^^/

    1. aku juga nggak tau kenapa nulis judul (menipu) ini ( _ _)/||
      squishy squishy squishy kyungsoooo xD mungkin kyungsoo takut tersaingi oleh chanyeol? :)) uwak mau kyungsoo juga satu! *eh *abaikan
      ‘kay~ thanks for your comment, too ^^

  2. Yaaaaaa ampuuuuuun!!!! Kakaknya ini tinggal di Jogja?! Aku juga dari Jogja loooo! Jelas aku panggil kakak karena aku masih SMA!
    Gila! Aku pengen banget ketemu! Argh, I met some k-pop lovers this day, and feel so damn blessed after know you live in Jogja.
    And, yah, maaf, aku excited banget soalnya. Oke, kembali ke comment.
    Aku suka ceritanya. Jelas ini kaya curhatfiction (ceilah) banget. Aku enggak ada complain samasekali sih. Mengalir, asik, keren lah.
    Love love~

    1. /hening/ WHAT SMA MANA KELAS BERAPA JANGAN-JANGAN SEBENARNYA (harusnya) KITA SEANGKATAN /ikut heboh/

      um um aku masih baru mau masuk kuliah kok. not that old._.
      uuuuuhhh sebenarnya ini bukan curhat (kecuali bagian desak-desakannya, iya itu curhat banget). huahahahaha. anyway, thanks for your comment~

  3. HEY KENAPA KYUNGSOO CUTE BANGET DISINI. DAN ADORABLE. being cute should be illegal, because Kyungsoo’s cuteness drives me nuts. ugh. tapi Chanyeolnya kasian deh, haha. tapi tampangmu memang kaya anak oon gitu bang. jadi ya rasanya cocok /dilempar sendal
    err… si Kyungsoo kok agak terlalu polos ya. atau bego? entahlah. percakapan dia dg Chanyeol, yaampun, aku susah payah nahan ketawa pfftt~ pengennya ngakak lepas terus, tapi mengingat sekarang sedang rame orang ya terpaksa ditahan. heuuu.

    itu sekolah mengintimidasi bgt yaampun. ah, jadi keinget masa masa try out dulu. sekali itu dapet nilai bahasa Indo sekitar 68 dan namaku di peringkat 60an. sedih.

  4. BECAUSE. HE. LOOKS. FUCKIN’. LIKE. THIS.

    ah iya, entah kenapa chanyeol suka dibikin jadi karakter beginian haha. kyungsoo polos kok, semacam begitulah :/ yep you better not laugh out loud then :))

    ah biasa itumah._. haha tapi emang kejam sih kalau sistemnya beginian. ada juga makin minder anak-anaknya~

  5. wait sumpah judulnya menipu, untuk ukuran drabble judulnya kepanjangan /digoreng/ hahahahaah

    ini sumpah tamat? ga ada lanjutannya? udah gini aja? bentar, ini curhatan bukan sik? kamu si kyungsoo ya fa? ngaku aja deh? kenapa paragraf dua komenku isinya tanda tanya semua sik? pusing ga sik? auk ah.

    1. besok tak bikin lebih panjang lagi deh, kalau perlu judulnya itu ceritanya /dihajar/
      …iya ini selesai gitu aja hauahahahahahaha, nggak curhatan kok plis nggak punya temen setinggi chanyeol. kalau mau dijadiin aku sama marcha, malah aku yang chanyeol……… /dibuang/ (ampuni aku marcha)
      makasih kak~ (untuk tanda tanyanya /bukan/) \o/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s